Rabu, 03 Juni 2015

Pembubutan Benda Kerja (Praktek 1)

Oleh : Hari Kristianto,S.T.
SMK Mikael Surakarta
Pada sesi ini akan dipelajari materi sebagai berikut :
Teknik membubut muka (facing)
Teknik membubut lubang senter
Teknik membubut lurus/rata
Teknik membubut tirus
Teknik membubut alur
Teknik membubut profil
Melakukan pemotongan pada mesin bubut
Mengkartel benda kerja

Teknik Pembubutan Benda Kerja


Situs:Diklat Interaksi Online
Diklat:Pemesinan - A
Buku:Teknik Pembubutan Benda Kerja
Oleh:HARI KRISTIANTO
Tanggal:Rabu, 17 Juni 2015, 15:51


Daftar Isi

1 Pemasangan pahat bubut

Persyaratan utama dalam melakukan proses pembubutan adalah, pemasangan pahat bubut ketinggiannya harus sama dengan pusat senter. Persyaratan tersebut harus dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi perubahan geometri pada pahat bubut yang sedang digunakan  (Gambar 6.1). 
Perubahan geomertri yang terjadi pada pahat bubut dapat merubah besarnya sudut bebas potong dan sudut buang tatalnya, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil pembubutan menjadi kurang maksimal. Pada proses pembubutan permukaan/facing, bila pemasangan pahat bubutnya dibawah sumbu senter akan berakibat permuakaannya tidak dapat rata, dan bila pemasangan pahat bubutnya diatas sumbu senter akan berakibat pahat tidak dapat memotong dengan baik karena sudut bebas potongnya tambah kecil (Gambar  6.2). Dampak-dampak lain akibat pemasangan pahat bubut tidak setinggi sumbu senter telah diuraikan pada materi sebelumya.
Untuk menghindari terjadinya  perubahan ketinggian pahat  bubut setelah dilakukan pemasangan, pada saat melakukan pengikatan harus kuat dan kokoh, selain itu untuk menghindari terjadinya getaran dan patahnya pahat akibat beban gaya yang diterima terlalu besar, maka pemasangan pahat tidak boleh terlalu menonjol keluar atau terlalu panjang keluar dari dudukannya  (Gambar  6.3).  Berdasarkan pengalaman empiris,  maksimal penonjolan pahat bubut adalah sebesar 2 (dua) kali persegiannya.

2 Pembubutan Permukaan Benda Kerja (Facing)

Membubut permukaan benda kerja adalah proses pembubutan pada permukaan ujung benda kerja dengan tujuan meratakan pada bidang permukaannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan pada saat membubut permukaan diantarannya adalah:

2.1 Posisi start pahat bubut dari sumbu senter benda kerja

Membubut permukaan benda kerja dengan start pahat bubut dari sumbu senter pengertiannya adalah, pembubutan permukaan diawali dari tengah permukaan benda kerja atau sumbu senter (Gambar 6.6). Proses pembubutan facing dengan cara ini dapat dilkukan dengan catatan arah putaran mesin berlawanan arah jarum jam. 

2.2 Posisi start pahat bubut dari luar bagian kiri benda kerja

Membubut permukaan benda kerja dengan start pahat bubut dari luar bagian kiri benda kerja pengertiannya adalah, pembubutan permukaan diawali dari luar bagian kiri benda kerja menuju sumbu senter (Gambar  6.7). Proses ini pembubutan facing dengan cara ini dapat dilakukan dengan catatan arah putaran mesin berlawanan arah jarum jam.

2.3 Posisi start pahat bubut dari luar bagian kanan benda kerja

Membubut permukaan benda kerja dengan start pahat bubut dari luar bagian kanan benda kerja pengertiannya adalah, pembubutan permukaan diawali dari luar bagian kanan benda kerja menuju sumbu senter (Gambar 6.8). Proses pembubutan facing dengan cara ini dapat dilakukan dengan catatan arah putaran mesin sarah jarum jam. 

3 Pembubutan/ Pembuatan Lubang Senter

Pembubutan/  pembuatan lubang senter bor dengan bor senter  (centre drill)  pada permukaan ujung benda kerja (Gambar  6.9), tujuannya adalah agar pada ujung benda kerjamemiliki dudukan apabila didalam proses pembubutannya memerlukan dukungan senter putar atau sebagai pengarah sebelum melakukan pengeboran (Gambar 6.10). 
Untuk menghindari terjadinya patah pada ujung mata sayat bor senter akibat kesalahan prosedur, ada beberapa persyaratan dalam membuat lubang senter pada mesin bubut selain yang dipersyaratan sebagaimana pada saat meratakan permukaan benda kerja yaitu penonjolan benda kerjanya tidak boleh terlalu panjang dan untuk benda kerja yang berukuran panjang harus ditahan dengan penahan benda kerja (steady rest), persyaratan lainnya adalah:

3.1 Sumbu Senter Spindel Mesin Harus Satu Sumbu dengan Kepala Lepas

Persyaratan utama sebelum melakukan proses pembuatan lubang senter pada mesin bubut adalah, sumbu senter kepala lepas harus diseting kelurusannya/kesepusatannya terlebih dahulu dengan sumbu senter spindel mesin yang berfungsi sebagai dudukan atau pemegang  benda kerja. Apabila kedua sumbu senter tidak lurus/sepusat, kemungkinan akan terjadi patah pada ujung senter bor lebih besar, karena pada saat bor senter digunakan akan mendapatkan beban gaya puntir yang tidak sepusat. 
Seting atau menyetel kelurusan sumbu senter kepala lepas terhadap sumbu senter spindel mesin ada dua cara yaitu, apabila menghendaki hasil yang presisi adalah dengan cara menggunakan alat bantu batang pengetes dan dial indikator yang cara penggunaannya dapat dilihat pada (Gambar  6.11) dan apabila menghendaki hasil yang tidak terlalu presisi/standar adalah dengan cara mempertemukan kedua ujung senter (Gambar 6.12).
Didalam menyeting kesepusatan senter sumbu, apabila sumbu senter kepala lepas tidak sepusat/  lurus dengan sumbu senter spindel mesin, caranya adalah dengan mengendorkan terlebih dahulu pengikat kepala lepas dari pengikatan meja mesin yaitu dengan mengendorkan baut pengencangnya atau handel yang telah tersedia, baru kemudian atur sumbu kepala lepas dengan menggeser arah kiri/kanan dengan mengatur baut yang ada pada sisi samping bagian bawah bodi kepala lepas (Gambar 6.13), sampai mendapatkan kesepusatan kedua sumbu senternya.
Kegiatan  penyetelan sumbu senter ini, sekaligus dapat digunakan sebagai acuan pada saat melakukan proses pembubutan lainnny. Misalnya pada proses pembubutan lurus yang menggunakan penahan senter putar, pembubutan lurus diantara dua senter, pengeboran, perimeran atau pembubutan lainnya yang memerlukan kesepusatan kedua sumbu senter.

3.2 Permukaan harus benar-benar rata

Permukaan benda kerja sebelum dibuat lubang senter harus benar-benar rata terlebih dahulu atau dilakukan pembubutan muka atau facing (Gambar  6.14), dengan tujuan agar senter bor pada saat pemakanaan awal menyentuh permukaan benda kerja tidak mendapat beban kejut dan gaya puntir yang diterima merata pada ujung mata sayatnya sehingga aman.

3.3 Putaran Mesin Harus Sesuai Ketentuan

Putaran mesin bubut pada saat pembuatan lubang senter bor harus sesuai ketentuan yaitu, selain besarnya putaran mesin harus sesuai dengan perhitungan arah putarannya tidak boleh terbalik (putaran mesin harus berlawanan arah jarum jam) - (Gambar 6.15).
Perhitungan dalam menetapkan putaran mesin pada saat pembuatan lubang senter yang dijadikan acuan dasar perhitungan adalah diameter terkecil (D1) pada ujung mata sayatnya. Sedangkan untuk kedalaman lubang senter bor tidak ada ketentuan/ketetapan yang baku  yaitu tergantung digunakan untuk apa, sebagai pengarah pengeboran atau sebagai dudukan ujung senter putar yang befungsi untuk menahan benda kerja pada saat dalakukan pembubutan. Untuk mengakomodasi kedua proses tersebut, maka pada umumnya kedalaman lubang  senter bor dibuat antara 1/3 s.d 2/3 pada bagian tirus yang besar sudutnya 60º (Gambar 6.16).

4 Pembubutan Lurus/ Rata

Yang dimaksud  pembubutan lurus adalah, proses pembubutan untuk mendapatkan permukaan yang lurus dan rata dengan diameter yang sama antara ujung satu dengan ujung lainnya. 
Proses pemembubutan rata/lurus, ada beberapa cara pemegangan atau pengikatannya yaitu tergantung dari ukuran panjangnya benda kerja. Pengikatan benda kerja yang berukuran relatif pendek, dapat dilakukan dengan cara langsung diikat menggunakan cekam mesin (Gambar  6.17). Pengikatan benda kerja yang berukuran relatif panjang, pada bagian ujung yang menonjol keluar ditahan dengan senter putar (Gambar  6.18). Sedangkan pengikatan benda kerja yang berukuran realatif panjang yang dikawatirkan akan terjadi getaran pada bagian tengahnya, selain pada bagian ujung benda kerja yang menonjol keluar ditahan dengan senter putar, juga pada bagian tengahnya harus ditahan dengan penahan benda kerja/steady ress (Gambar 6.19).
Ketiga cara pengikatan benda kerja tersebut diatas, adalah cara pembubutan lurus yang tidak dituntut kesepusatan dan kesejajaran diameternya dengan kedua lubang senter bornya. Apabila pada diameter benda kerja yang dituntut harus sepusat dan sejajar dengan kedua lubang senter bornya karena masih akan dilakukan proses pemesinan berikutnya, maka pengikatannnya harus dilakukan dengan cara diantara dua sentar (Gambar 6.20).
Untuk mendapatkan hasil pembubutan yang lurus terutama yang pengiktannya menggunakan penahan senter putar dan diantara  dua senter, yakinkan bahwa sumbu senter kepala lepas harus benar-benar satu sumbu/  sepusat dengan sumbu senter spindel mesin, karena apabila tidak hasil pembubutannya akan menjadi tirus atau tidak lurus.

5 Pembubutan Tirus (Taper)

Yang dimaksud dengan pembubutan tirus adalah, proses pembubutan sebuah benda kerja dengan hasil ukuran diameter yang berbeda antara ujung satu dengan yang lainnya (Gambar  6.21). Perbedaan diameter tersebut tentunya ada unsur kesengajaan karena hasil ketirusannya akan digunakan untuk tujuan tertentu.
Proses pembubutan tirus pada prinsipnya  sama  dengan  proses pembubutan  lurus  yaitu akan terjadi pemotongan apabila putaran mesin berlawanan arah dengan mata sayat pahat bubutnya,  yang  berbeda adalah dalam melakukan pemotongan  gerakan pahatnya  disetel  atau diatur  mengikuti sudut  ketirusan  yang dikehendaki  pada benda kerja. 
Pembubutan tirus dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya: Untuk pembubutan tirus yang pendek ukurann panjangya dengan cara membentukpahat bubut (Gambar  6.22), untuk pembubutan tirus yang sedang ukuran panjangnya dengan cara menggeser eretan atas (Gambar 4.23), untuk pembubutan tirus bagian luar yang relatif panjang ukurannya dengan menggeser kedudukan kepala lepas (Gambar  6.24) dan untuk pembubutan tirus bagian luar/dalam yang relatif panjang ukurannya dengan menggunakan perlengkapan tirus/taper  attachment (Gambar 6.25).
Gambar 6.22. Pembubutan tirus dengan membentuk pahat pahat bubut
Untuk memenuhi tuntutan kompetensi yang terdapat pada tujuan kegaiatan pembelajaran, pada materi ini hanya akan dibahas pembubutan tirus dengan memenggeser eretan atas dan cara pembubutan tirus yang lain akan dibahas pada buku teks bahan ajar jilid berikutnya. 

5.1 Pembubutan Tirus dengan Eretan Atas

Pembubutan tirus dengan eretan atas, adalah pembubutan tirus dengan cara menggeser atau mengatur kedudukan sudut eretan atas dari pusat sumbunya sebesar derajat yang dikehendaki (Gambar 6.26).
Keuntungan pembubutan tirus dengan eretan atas adalah , dapat membuat tirus pada bagian dalam dan luar dan dapat membentuk ketirusan yang besar. Sedangkan kekurangannya adalah, tidak dapat dikerjakan secara otomatis, sehingga harus selalu dilakukan dengan manual dan tidak dapat melakukan pembubutan tirus yang panjang  karena langkah geraknya terbatas pada panjang pengarah gerakan eretan atas.

5.2 Macam-macam Standar Ketirusan

Pelaksanakan pembubutan tirus, terdapat beberapa macam standar ketirusan yang dapat dijadikan sebagai acuan diantaranya:
Tirus Mandril (Mandrel Taper)
Tirus mandril memililki standar ketirusan 1:2000 mm, artinya sepanjang 2000 mm perbedaan diameter satu dengan lainnya sebesar 1 mm. Penggunaan tirus mandril ini hanya terbatas untuk mengikat benda kerja yang akan dilakukan proses pemesinan berikutnya, dengan cara dipreskan pada lubang benda kerja yang sebelumnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu dengan toleransi yang standar. 
Tirus Jacobs (Jacobs Tapers)
Tirus Jacobs  memililiki standar ketirusan nomor 0 s.d 33, dengan perbandingan ketirusan sebagaimana pada (tabel  6.1). Tirus jenis ini digunakan pada perlengkapan mesin-mesin bubut dan mesin bor. 


Tirus Morse (Morse Tapers - TPM)
Tirus morse memililiki standar ketirusan nomor 0 s.d 7, dengan perbandingan ketirusan sebagaimana dapat dilihat pada (tabel 6.2). Tirus jenis ini banyak digunakan pada tangkai bor, spindel mesin bor dan perlengkapan mesin bubut. 

tabel 6.2.
Tirus Brown dan Sharp (Brown dan Sharp Tapers - B&S)

Tirus  Brown dan Sharp  memililiki standar ketirusan nomor 1 s.d 18, dengan perbandingan ketirusan sebagaimana dapat dilihat pada (tabel 6.3). Tirus jenis ini digunakan pada tangkai pemegang pisau frais, dan lubang sleeve pada spindel mesin frais.



Tirus Jarno (Jarno Tapers)

Tirus Jarno memililiki standar ketirusan nomor 2 s.d 20, dengan perbandingan ketirusan sebagaimana dapat dilihat pada (tabel 6.4). Tirus jenis ini digunakan pada perlengkapan mesin-mesin bubut dan mesin bor yang berukuran kecil.



Tirus BT (BT Tapers)

Tirus BT  memililiki standar perbandingan ketirusan 7: 24, artinya sepanjang 24 mm perbedaan diameter satu dengan lainnya sebesar 7 mm. Tirus jenis ini ditandai dengan nomor BT 30 s.d 50 sebagaimana dapat dilihat pada (tabel  6.5). Tirus jenis ini digunakan pada tangkai pemegang pisau frais, dan lubang sleeve pada spindel mesin frais.



Tirus Pena (Pin Tapers)

Tirus Pena memililki standar ketirusan 1:50 mm, artinya perbandingan ketirusan adalah sepanjang 50 mm perbedaan diameter satu dengan lainnya  sebesar 1 mm. Tirus jenis ini digunakan sambungan komponen satu dengan lainnya.

5.3 Dasar Perhitungan Pembubutan Tirus dengan Menggeser Eretan Atas

Pembubutan tirus akan menghasilkan benda kerja yang memiliki ukuran yang berbeda diameter satu dengan lainnya pada panjang tertentu (Gambar  6.27), shingga didalam proses pembubutanya diperlukan perhitungan agar mendapatkan tirus sesuai tuntutan pekerjaan.
Berdasarkan gambar diatas, maka pembubutan tirus dengan menggeser eretan dapat dicari dengan rumus:
Keterangan:
D = diameter besar 
d = diameter kecil 
l = panjang 
Contoh soal 1:
Sebuah benda kerja berdiameter (D)= 60 mm, panjang 60 mm, akan dilakukan pembubutan tirus dengan diameter kecilnya (d)= 44 mm. Dengan diketahui data diatas, pertanyaannya adalah berapa  besar pergeseran eretan atasnya?
Jawaban contoh soal 1:
Jadi pergeseran eretan atasnya sebesar 7° 35' 40,72”

Contoh soal 2:
Sebuah benda kerja berdiameter (D)= 55 mm, panjang 75 mm, akan dilakukan pembubutan tirus dengan diameter kecilnya (d)= 42 mm. Dengan diketahui data diatas,  pertanyaannya adalah berapa besar pergeseran eretan atasnya?
Jawaban contoh soal 2:
Jadi pergeseran eretan atasnya sebesar 4° 57' 11,73”

5.4 Proses Pembubutan Tirus dengan Menggeser Eretan Atas

Proses pembubutan tirus dengan menggeser eretan atas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu,  pertama: langsung mengatur pergeseran eretan atas dengan mengacu pada garis-garis derajatnya sesuai data atau perhitungan yang ada (Gambar  6.28), kedua:  pengaturan pergeseran eretan atas dengan cara mengemalkan/mengkopi pada master batang tirus yang sudah standar  dengan alat bantu dial indikator (Gambar  6.29). Cara kedua ini hasilnya akan lebih baik dan presisi jika dibandingkan dengan cara yang pertama.

6 Pembubutan Alur (Groove)

Yang dimaksud pembubutan alur adalah proses pembubutan benda kerja dengan tujuan membuat alur pada bidang permukaan (luar dan dalam) atau pada bagian depannya sesuai tuntutan pekerjaan (Gambar 6.30). 

6.1 Macam-macam bentuk alur

Sesuai dengan fungsinya bentuk alur ada tiga jenis yaitu: berbentuk kotak, radius, dan V (Gambar  6.31). Fungsi alur pada sebuah benda kerja adalah,  pertama: untuk pembubutan alur pada poros lurus, berfungsi memberi kebebasan/  space pada saat benda kerja dipasangkan dengan elemen/komponen lainnya atau memberi jarak bebas pada proses penggerindaan terhadap suatu poros;  kedua: untuk pembubutan alur pada ujung ulir, tujuannya agar baut/mur dapat bergerak penuh sampai pada ujung ulir (Gambar 6.32). 

6.2 Proses pembubutan alur

Untuk membentuk berbagai bentuk alur tersebut, pahat yang digunakan diasah terlebih dengan mesin gerinda yang bentuk disesuaikan dengan bentuk alur yang akan dibuat. Kecepatan potong yang digunakan pada saat pembubutan alur disarankan  sepertiga sampai dengan setengah dari kecepatan potong bubut rata, karena bidang potong pada saat proses pengaluran relatif lebar.
Pemasangan Pahat
Persyaratan pemasangan pahat untuk proses pembubutan alur, pada prinsipnya sama dengan memasang pahat bubut untuk proses pembubutan lainnya yaitu harus setinggi senter. Namun untuk menghindari terjadinya hasil pengaluran lebarnya melebihi dari lebar pahat alurnya, pemasangan pahat harus benar-benar tegak lurus terhadap sumbu mesin (Gambar 6.33).
Pemasangan Benda Kerja
Persyaratan pemasangan benda kerja pada proses pembubutan alur, pada prinsipnya sama dengan memasang benda kerja untuk proses pembubutan lainnya yaitu selain harus harus kuat, untuk benda kerja yang memiliki ukuran panjang relatif pendek pengikatannya dapat dilakukan langsung dengan cekam mesin (Gambar 6.34). 
Gambar 6.34. Pengaluran benda kerja dengan pengikatan cekam mesin 
Untuk benda kerja yang memiliki ukuran relatif panjang pengikatan pada ujungnya harus ditahan atau didukung dengan senter putar (Gambar  6.35). Hal ini dilakukan agar kedudukan benda kerja stabil dan tidak bergetar, sehingga hasil pengaluran maksimal dan pahat yang digunakan tidak rawan patah.

7 Pembubutan Bentuk (Profil)

Pembubutan profil adalah proses pembubutan untuk membentuk permukaan benda kerja dengan bentuk sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Dalam membentuk permukaan benda kerja dapat dilakukan dengan cara mengatur gerakan pahat secara manual atau menggerakkan pahat secara otomatis dengan menggunakan perlengkapan bubut copy (Gambar 6.36) dancara lainnya adalah dengan membentuk pahat bubut yanag akan digunakan sesuai bentuk yang diinginkan (Gambar 6.37).
  
Pada proses  pembubutan profil  yang menggunakan pahat bubut bentuk, karena  bidang  mata sayatnya yang  memotong lebar,  maka  disarankan pemakanan dan kecepatan putarnya  tidak boleh besar  yaitu pendekatnnya sama pada saat melakukan pembubutan alur,  sehingga dapat  memperkecil terjadinya  beban lebih dan gesekan yang tinggi terhadap pahat.

8 Pemotongan pada Mesin Bubut (Cutting off)

Yang dimaksud pemotongan pada mesin bubut adalah, proses pemotongan benda kerja yang dilakukan menggunakan mesin bubut. Proses pemotongan pada mesin bubut, pada umumnya dilakukan apabila ingin menyelesaikan atau mendekatkan ukuran panjang dari benda kerja hasil proses sebelumnya karena benda kerja tidak memungkinkan untuk dicekam pada posisi sebalikannya atau tidak dapat dipotong dengan proses lain. 
Ada beberapa persyaratan umum yang harus dilakukan pada proses pemotongannya diantaranya: menggunakan pahat potong yang standar geometrinya, pemasangan benda kerja harus kuat dan tidak boleh terlalu menonjol keluar dari rahang cekam untuk benda  kerja yang berukuran pendek,  pemasangan pahat potong harus kuat dan tidak boleh terlalu menonjol keluar dari dudukannya, gunakan putaran mesin antara 1/4 s.d 1/3 putaran normal,  bagian yang akan dipotong harus sedikit lebih lebar dibandingkan dengan lebar mata pahatnya agar pahat tidak terjepit, dan untuk pemotongan benda yang berukuran panjang boleh menggunakan penahan senter putar dengan catatan mengikuti prosedur yang benar.

8.1 Geometri Pahat Bubut Potong

Untuk mendapatkan hasil  pemotongan yang baik, pahat potong yang digunakan harus memiliki geometri sesuai ketentuan. Misalnya untuk menghindari terjepitnya pahat pada saat digunakan memotong benda kerja yang berdiameter besar sehingga memerlukan kedalaman pemotonngan yang relatif  dalam, maka sebaiknya pengasahan pada sisi pahat potong dibuat mengecil ke belakang anatara 1º s.d 2 º (Gambar 6.38). 

8.2 Pemasangan Pahat Potong

Selain yang telah dipersyaratkan tersebut diatas, pemasangan pahat potong harus benar-benar setinggi sumbu senter (Gambar  6.39), karena apabila tidak setinggi sumbu senter akan berpengaruh besar terhadap perubahan geometrinya terutama pada sudut bebas potong bagian depan. Apabila pemasangan terlalu tinggi dari sumbu senter pengaruhnya tidak akan dapat melakukan pemotongan, karena ujung mata potongnya berubah pada posisi diatas sumbu senter dan apabila terlalu rendah, pahat akan mendapat gaya potong yang relatif besar sehingga rawan patah dan juga benda kerja akan terangakat ke atas. 

8.3 Proses pemotongan

Proses pemotongan benda kerja pada mesin bubut, pada umumnya akan dihadapkan pada ukuran yang pendek dan panajang. Untuk benda kerja uyang berukuran pendek dapat dilakukan dengan cara pencekam langsung dengan cekam mesin (Gambar 6.40).
Untuk melakukan pemotongan  benda  kerja yang  panjang
diperbolehkan ditahan  menggunakan senter  putar, akan  tetapi pemotongannya  tidak boleh dilakukan sampai putus  atau disisakan sebagian untuk kemudian digergaji, atau dilanjutkan dengan dengan pahat tersebut  tetapi tanpa didukung dengan senter   dengan tujuan untuk menghindari terjadinya pembengkokan benda kerja dan patahnya pahat (Gambar  6.41). Cara lain untuk melakukan pemotongan benda kerja yang panjang, yaitu dengan mendukung benda kerja pada ujungnya dengan penahan bena kerja/ steady rest (Gambar 6.42)
Gambar 6.41 Pemotongan benda kerja berukuran panjang
Gambar 6.42. Menahan benda kerja sebelum dipotong dengan steady rest

9 Pembubutan Ulir pada Mesin Bubut

Proses pembubutan ulir pada mesin bubut standar, pada dasarnya hanyalah alternatif apabila jenis ulir yang diperlukan tidak ada di pasaran umum atau jenis ulir yan dibuat hanya untuk keperluan khusus. Mesin bubut standar didesain tidak hanya untuk membuat ulir saja, sehingga untuk melakukan pembubutan ulir memerlukan waktu yang relatif lama, hasilnya kurang presisi dan banyak teknik-teknik yang harus dipahami sebelum melakukan pembubutan ulir. 
Pembuatan ulir dengan jumlah banyak atau produk masal, pada umumnya dilakukan atau diproses dengan cara diantaranya: diroll, dicetak, dipress dan diproses pemesinan dengan mesin yang desainnya hanya khusus digunakan untuk membauat ulir sehingga prosesnya cepat dan hasilnya presisi. Dari berbagai cara  yang telah telah disebutkan diatas, pada proses pembuatannya harus tetap mengacu dan berpedoman pada standar umum yang telah disepakti, yaitu meliputi nama-nama jenis ulirnya, nama-nama bagiannya, ukurannya, toleransinya dan peristilahan-peristilahannya sehingga hasilnya dapat digunakan sesusai peruntukannya. 

9.1 Bagian-bagian Ulir

Pada Ulir terdapat beberapa bagian yang dengan peristilahan nama tertentu diantaranya, pada bagian lingkaran ulir terdapat gang  (pitch-P) dan kisar  (lead-L).  Pengertian "gang” adalah jarak puncak ulir terdekat dan  pengertian "kisar” adalah jarak puncak ulir dalalam satu putaran penuh (Gambar  6.43). Bila dilihat dari jumlah uliranya, jenis ulir dapat dibagi menajadi dua jenis yaitu: ulir tunggal (Single thread)  dan ulir ganda/majemuk (Multiple thread). Disebut ulir tunggal apabila dalam satu kali keliling benda kerja hanya terdapat satu alur ulir dan disebut ulir ganda/majemuk jika mempunyai lebih dari satu alur ulir dalam satu keliling lingkaran.
Bila dilihat dari arah uliranya, jenis ulir dapat dibagi menajadi dua jenis yaitu: ulir kanan (righ hand screw thread) dan ulir kiri (left hand screw thread).  Disebut ulir kanan apabila ulirannya mengarah ke kanan (Gambar  6.44), dan disebut ulir kiri apabila arah ulirannya mengarah ke kiri (Gambar 6.45).
Selain itu ulir juga memiliki standar nama ukuran yang baku, diantaranya diameter terbesar atau nomilal  (mayor diameter), diameter tusuk  (pitch diameter)  dan diameter terkecil atau  diameter kaki  (minor diameter).  Nama ulir bagian luar dan ulir bagian dalam dapat dilihat pada (Gambar  6.46). Sedangkan mama-nama bagian ulir luar secara lengkap dapat dilihat pada (Gambar  6.47).

9.2 Standar Ulir untuk Penggunaan Umum

Didalam melakukan pembubutan ulir untuk penggunaan umum harus mengacu pada standar yang telah ditetapakan pada gambar kerja. Terdapat macam-macam standar ulir yang dapat dijadikan acauan, sehingga hasil penguliran sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Macam-macam standar ulir untuk penggunaan umum diantaranya:
Metrik V Thread Standard
Jenis ulir  Metrik V Thread Standard  atau biasa disebut ulir segitiga metrik,  adalah salah satu jenis ulir dengan satuan milimeter (mm) dengan total sudut ulir sebesar 60º (Gambar  6.48). Selain itu ulir metrik memiliki kedalaman ulir baut (luar) 0,61P dengan radius pada dasar ulirnya 0,7 P dan kedalaman ulir murnya (dalam) 0,54 P dengan radius pada dasar ulirnya 0,07 P. (Gambar 6.49).
Untuk operasional di lapangan, penulisan ulir metrik diberi lambang M yang disertai diameter nominal dan gang/kisar ulirnya. Misalnya M 12x1,75 artinya: standar ulir mertrik dengan diameter nominal 12 mm dan gang/kisarnya 1,75 mm. 
British Standard Whitworth Thread (BSW)
Jenis ulir  British Standard Whitworth Thread (BSW)  atau biasa disebut ulir  standar  whitwhorth, adalah salah satu jenis ulir dengan satuan inchi (1 inchi= 1mm) dengan total sudut ulir sebesar 55º, kedalaman ulir total 0,96 P, kedalaman ulir riil 0,64 dan pada dasar dan puncak ulirnya memiliki radius 0,137 inchi. (Gambar 6.50).
Untuk operasional dilapangan, penulisan ulir whitworth  diberi lambang BSW atau W yang disertai diameter nominal dan  gang/kisar ulirnya. Misalnya W 1/2x14 artinya: standar ulir whitworth dengan diameter nominal 1/2 inchi dan gang/kisarnya 14 sepanjang satu inchi.
British Standard Fine Thread (BSF)
Jenis ulir  British Standard Fine Thread (BSF),  memiliki satuan dan profil yang sama dengan jenis ulir  standar whitwhorth yaitu memiliki total sudut ulir sebesar 55º, kedalaman ulir total 0,96 P, kedalaman ulir riil 0,64 dengan pada dasar dan puncak ulirnya 0,1. 
Unified National Coarse Thread (UNC)
Jenis ulir Unified National Coarse Thread (UNC), memiliki total sudut 60º dengan kedalaman ulir baut (luar) 0,614 P dan kedalaman ulir murnya (dalam) 0,54 P (Gambar 6.51).
Unified National Fine Thread (UNF)
Jenis ulir  Unified National Fine Thread (UNC)  memiliki profil yang sama dengan jenis ulir  Unified National Coarse Thread (UNC), perbedaannya kisar ulirnya lebih halus.
British Association Thread (BA)
Jenis ulir British Association Thread (BA) atau bisa disebut ulir bola, memiliki total sudut 47,5º dengan kedalaman ulir 0,6 P dan radius ada ujung ulir memiliki radius 0,18 P (Gambar 6.52).

9.3 Standar Ulir untuk Penggunaan Transmisi Berat dan Gerak

Didalam melakukan pembubutan ulir untuk penggunaan transmisi berat dan gerak harus mengacu pada standar yang telah ditetapakan pada gambar kerja. Terdapat macam-macam standar ulir yang  dapat dijadikan acuan, sehingga hasil penguliran sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Macam-macam standar ulir untuk penggunaan umum diantaranya:
Square Thread Form
Jenis ulir Square Thread Form atau biasa disebut ulir segi empat, adalah salah satu jenis ulir dengan bentuk ulirnya segi empat dengan bentuk sudut yang siku (Gambar 6.53).
Acme Trhead Form
Jenis ulir acme trhead form atau biasa disebut ulir Acme,  adalah salah satu jenis ulir dengan bentuk ulirnya trapesium dan sudut ulirnya 29º dan lebar puncak ulirnya 0,37 P (Gambar 6.54).
Metrik ISO Trapezoidal Tread
Jenis ulir  metrik iso trapezoidal tread  atau biasa disebut ulir trapesium,  adalah salah satu jenis ulir dengan bentuk ulirnya trapesium dan sudut ulirnya 30º (Gambar 6.55).
Batres Tread
Jenis ulir  Batres Tread  atau biasa disebut ulir gergaji terdapat dua jenis yaitu,  pertama:  ulir gergaji dengan sudut total ulirnya 45º dan kedalaman ulirnya 0,75 P (Gambar  6.56a),  kedua:  ulir gergaji dengan sudut total ulirnya 50º dan kedalaman ulirnya sama yaitu 0,75 P (Gambar 6.56b).

9.4 Teknik Dasar Pembubutan Ulir Segitiga

Pada proses pembubutan  ulir segitiga selain harus mengikuti dan ketentuan sebagaimana pada proses pembubutan lainnya, ada beberapa teknik dasar lain yang harus dipahami sebelum melakukan pembubutan ulir. Beberapa teknik yang mendasari proses pembubutan ulir tersebut diantaranya:
Metoda Pemotongan Ulir Segitiga
Metoda Pemotongan ulir pada mesin bubut dapat dilakukan dengan tiga cara diantaranya:
Pemotongan tegak lurus terhadap sumbu (dengan eretan lintang)
Yang dimaksud pemotongan ulir dengan cara tegak lurus terhadap sumbu adalah proses pembubutan ulir pemakanannya dilakukan dengan cara posisi pahat ulir maju terus tegak lurus terhadap sumbu sehingga pahat bubut mendapatkan beban yang lebih besar karena ketiga sisi mata sayat melakukan pemotongan bersama-sama (Gambar 6.57). Keuntungan cara pemotongan ulir seperti ini lebih cepat, halus dan mudah cara melakukannya. Sedangkan kekurangannya beban pahat lebih besar karena ketiga mata sayat pahat bubut serentak melakukan pemotongan dan pahat cepat panas sehingga cenderung cepat rusak. Cara pemotongan seperti ini disarankan hanya digunakan untuk pemotongan ulir yang memiliki ukuran gang/kisar kecil. 
Pemotongan miring dengan menggeser eretan atas
Yang dimaksud pemotongan ulir miring dengan menggeser eretan atas adalah, proses pembubutan ulir pemakanannya dilakukan dengan cara pahat dimiringkan sebesar stengah sudut ulir dengan memiringkan dudukan pada  eretan atas (Gambar 6.58). Keuntungan cara pemotongan ulir seperti ini adalah beban pahat lebih ringan dan tidak cepat panas. Sedangkan kekurangannya adalah prosesnya lebih lama dan hasil lebih kasar. Cara pemotongan seperti ini disarankan hanya digunakan untuk pemotongan ulir yang memiliki ukuran gang/kisar sedang.
Pemotongan zig-zag
Yang dimaksud pemotongan ulir dengan cara zig-zag adalah, proses pembubutan ulir dilakukan dengan cara pemakanan bervariasi yaitu pemakanan sampai pada kedalaman ulir tidak hanya tegak lurus menggunakan eretan lintang saja, melainkan pemakanan divariasi dengan menggeser eretan atas sebagai dudukan pahat ulir arah ke kanan atau ke kiri. (Gambar  6.59). Keuntungan cara pemotongan ulir seperti ini adalah hasil pembubutan dan beban pahat ringan. Sedangkan kekurangannya adalah prosesnya lebih lama dan prosesnya memerlukan ketrampilan khusus. Cara pemotongan seperti ini disarankan hanya digunakan untuk pemotongan ulir yang memiliki ukuran gang/kisar besar.
Gambar 6.59. Metoda pemotongan ulir dengan cara zig-zag
Arah Pemotongan Ulir
Arah pemotongan ulir tergantung dari jenis ulirnya yaitu ulir kiri atau kanan. Apabila jenis ulirnya kanan, arah pemotongan ulirnya dimulai start awal dari posisi ujung benda kerja bagian kanan, dan untuk ulir kiri, arah pemotongan ulirnya dimulai start awal dari posisi ujung benda kerja bagian kiri (Gambar 6.60).
Kedalaman Pemotongan Ulir
Untuk mendapatkan kedalamam ulir yang standar pada proses pembubutan ulir segitiga,  perlu memiliki acuan yang standar agar prosesnya efisien dan hasilnya dapat memenuhi sesuai tuntutan pekerjaan. Dari uraian materi sebelumnya telah dijelaskan bahwa, kedalaman ulir segitiga jenis metris untuk baud (ulir luar) kedalamannya sebesar "0,61 mm  x Kisar”, dan untuk murnya (ulir dalam) kedalamannya sebesar "0,54 mm x Kisar”. (Gambar  6.61). Ketentuan lain sebelum melakukan pemotongan ulir adalah, dengan mengurangi diameter nominal ulir sebesar 1/10.          K atau d ulir = D nominal - (1/10 K).
Proses Pemotongan Ulir Segitiga
Proses pemotongan ulir segitiga pada mesin bubut dapat menggunakan dua jenis pahat ulir yaitu pahat ulir mata potong tunggal atau majemuk. Pemotongan  ulir luar (baut) dengan pahat mata potong satu dan majemuk dapat dilihat pada (Gambar 6.62) dan pemotongan ulir dalam (mur) dengan pahat mata potong satu dan majemuk dapat dilihat pada (Gambar 6.63).

9.5 Langkah-langkah Pembubutan Ulir Segitiga

Langkah-langkah dalam melaksanakan pembubutan ulir segitiga adalah 
sebagai berikut:
Persiapan Mesin
Persiapan mesin sebelum melaksanan pembubutan ulir diantaranya:
  • Chek kondisi mesin dan yakinkan bahwa mesin siap digunakan
  • Aktifkan sumber listrik dari posisi OFF kearah ON
  • Tetapkan besarnya putaran mesin dan arah pemakananan
  • Persiapkan susunan roda gigi dalam kotak gigi (gear box) dan atur handel-handelnya sesuai dengan jenis dan kisar ulir/gang yang akan dibuat berdasarkan tabel yang tersedia pada mesin.
Pelaksanan Pembubutan Ulir Segitiga
  • Siapkan benda kerja, poros atau lubang dengan diameter yang sesuai/diinginkan untuk dibuat ulir dan cekam benda kerja dengan kuat
  • Topang/  tahan ujung benda kerja dengan senter putar apabila benda kerja yang akan diulir berukuran yang panjang 
  • Laksanakan pembubutan benda kerja yang akan diulir sampai mencapai diameter nominal ulirnya, dengan menggunakan rumus dulir = D nominal x 1/10 K. 
  • Apabila benda kerja sudah siap dilkukan penguliran, lanjutkan persiapan pembubutan ulir dengan  diawali  menyetel ketinggian pahat ulir dan eretan atas pada posisi sesuai ketentuan.
  • Laksanakan awal pembubutan ulir dengan kedalaman pemakanan diperkirakan tidak terlalu besar.
  • Lakukan pengecekan kisar ulir dengan mal kisar ulir sebelum dilanjutkan penguliran, dan jika kisar ulir sudah sesuai pembubutan ulir dapat dilnjutkan hingga selesai.
  • Pada pembubutan ulir yang tidak menggunakan loceng ulir, saat mengembalikan pahat pada posisi semula diperbolehkan dengan kecepatan putar yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar supaya prosesnya lebih cepat.
  • Untuk pembubutan ulir dengan loceng ulir, pada saat mengembalikan pahat ke ujung benda, tuas mur belah boleh dibuka apabila ulir transportir dengan ulir yang sedang dibuat satu sistem ukuran, misalnya sama-sama metris atau inci dan kisar poros transportir merupakan kelipatan bulat dari kisar ulir yang sedang dibuat.
  • Apabila pemakanan kedalaman ulir sudah sesuai perhitungan, sebelum dilepas ckeck atau coba dulu dengan mal ulir  (thread gauge)

  • Apabila pengepasan ulir sudah standar sesuai ketentuan, benda kerja baru boleh dilepas dari pencekamnya.

10 Pengeboran pada Mesin Bubut

Pengeboran (drilling) pada mesin bubut adalah pembuatan lubang dengan alat potong mata bor (Gambar  6.64). Proses pengeboran pada  mesin bubut, pada umumnya dilakukan untuk pekerjaan lanjutan diantaranya akan dilanjutkan untuk diproses: pengetapan, pembesaran lubang (borring), rimer, ulir dalam dll. Masing-masing proses tersebut memiliki ketentuan sendiri dalam menetapkan diameter lubang bornya, maka dari itu didalam menentukan diameter bor yang akan digunakan untuk proses pengeboran  pada  mesin bubut harus mempertimbangkan beberapa kepentingan diatas. 

10.1 Persyaratan Pengeboran pada Mesin Bubut

Untuk menghindari terjadinya mata bor patah dan pembesaran lubang pada proses pengeboran di mesin bubut, ada beberapa persyaratan teknis yang harus dilakukan sebelum melakukan pengeboran yaitu pada prinsipnya hampir  sama dengan persayarantan pada saat melakukan pembubutan permukaan dan membuat lubang senter bor diantaranya:
  • Penonjolan benda kerjanya tidak boleh terlalu panjang, dan untuk benda kerja yang berukuran panjang harus ditahan dengan penahanbenda kerja (steady rest).
  • Senter kepala lepas harus disetting kelurusannya/kesepusatannya terlebih dahulu dengan sumbu senter spindel mesin yang berfungsi sebagai dudukan atau pemegang benda kerja
  • Permukaan benda kerja sebelum dibuat lubang bor harus dibuat lubang pengarah dengan bor senter
  • Selain besarnya putaran mesin harus sesuai dengan perhitungan, arah putarannya tidak boleh terbalik (putaran mesin harus berlawanan arah jarum jam)

10.2 Langkah-langkah Pengeboran pada Mesin Bubut

Untuk mendapatkan hasil pengeboran  sesuai dengan tuntutan pekerjaan, langkah-langkah pengeboran pada mesin bubut adalah sebagai berikut:
Persiapan Mesin Untuk Pengeboran
Persiapan mesin bubut sebelum melaksanan pengeboran diantaranya:
  • Chek kondisi mesin dan yakinkan bahwa mesin siap digunakan untuk melakukan pengeboran
  • Aktifkan sumber listrik dari posisi OF kearah ON
  • Hitung putaran mesin sesui dengan jenis bahan benda kerja dan diameter mata bor yang digunakan
  • Atur handel-handel mesin bubut, untuk mengatur besarnya putaran mesin dan arah  putarannya (putaran berlawanan arah jarum jam).
Pelaksanaan Pengeboran
  • Siapkan benda kerja yang akan dilakukan pengeboran dan cekam benda kerja dengan kuat. Untuk benda kerja yang berukuran pendek, usahakan penonjolannya tidak terlalu keluar dari mulut rahang mesin bubut.

  • Topang/tahan ujung benda kerja pada ujungnya dengan penahan benda kerja (steady rest) apabila benda kerja yang akan dilakukan pengeboran berukuran relatif panjang.

  • Ratakan permukaan benda kerja sebelum membuat lubang senter bor, sebagai pengarah mata bor
  • Laksanakan pembubutan lubang senter bor dengan besar putaran mesin sesuai perhitungan, dengan beracuan diameter terkecil bor senter yang digunakan acuan perhitungan. Hati-hati dalam melakukan pembubutan lubang senter, karena bor senter rawan patah apabila terkena beban kejut an beban berat.
  • Laksanakan pengeboran dengan kedalaman mengacu pada skala nonius kepala lepas hingga selesai, dan jangan lupa gunakan  air pendingin agar  kata bor tidak cepat tumpul
  • Apabila sudah selesai melakukan pengeboran, sebelum benda kerja dilepas lakukan pengukuran kedalamannya, dan apabila sudah yakin bahwa sudah sesuai dengan tuntutan pekerjaan benda kerja boleh dilepas dari mencekamnya

11 Pembubutan Diameter Dalam (Boring)

Pembubutan diameter dalam atau juga disebut pembubutan dalam merupakan proses memperbesar diameter lubang sebuah benda kerja pada mesin bubut yang sebelumnya  dilakukan  proses pengeboran. Jadi pembubutan dalam hanya bersifat perluasan lubang atau membentuk bagian dalam benda kerja (Gambar 6.65) .
Pembububutan diameter dalam dapat dilakukan untuk  menghasilkan diameter dalam yang lurus dan tirus (Gambar. 4.66). Untuk diameter yang lurus, pemotongannya dapat dilakukan secara manual dan otomatis. Sedangkan untuk diameter yang tirus hanya dapat dilakukan secara manual dengan menggeser eretan atas kecuali menggunakan perlengkapan tirus  (taper attachment)  baru dapat dilakukan pemotongan secara otomatis.

11.1 Persyaratan Pembubutan Diameter Dalam (Boring)

Untuk menghindari terjadinya getaran pada proses pembubutan diameter dalam, ada beberapa persyaratan teknis yang harus dilakukan diantaranya:
  • Pemasangan pahat bubut dalam harus kuat dan setinggi senter.
  • Penonjolan benda kerjanya tidak boleh terlalu panjang, dan untuk benda kerja yang berukuran panjang harus ditahan dengan penahan benda kerja (steady rest).
  • Sebelum dilakukan pembubutan lubang harus dilakukan pembuatan lubang awal terlebih dahulu.
  • Selain besarnya putaran mesin harus sesuai dengan perhitungan, arah putaran harus disesuaikan dengan posisi mata sayat pahat dalamnya 

11.2 Langkah-langkah Pembubutan Diameter Dalam

Untuk mendapatkan hasil pembubutan dalam sesuai dengan tuntutan pekerjaan,  langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut: 
Persiapan Mesin
  • Persiapan mesin sebelum melaksanan pembubutan dalam diantaranya:
  • Chek kondisi mesin dan yakinkan bahwa mesin siap digunakan untuk melakukan pembubutan diameter dalam
  • Aktifkan sumber listrik dari posisi OFF kearah ON
  • Hitung putaran mesin sesui dengan jenis bahan benda kerja dan diameter lubang yang akan dibuat
  • Atur handel-handel mesin bubut untuk mengatur besarnya putaran mesin dan arah putarannya
Pelaksaan Pembubutan Diameter Dalam
  • Siapkan benda kerja yang akan dilakukan pembubutan diameter dalam dan cekam benda kerja dengan kuat. Selanjutnya lakukan pengeboran dengan tahapan seperti yang telah di bahas pada materi sebelumnya.
  • Pasang pahat bubut dalam, sesuai jenis lubang yang  akan dikerjakan. Untuk lubang tembus gunakan pahat dalam yang berfungsi untuk memperbesar lubang tembus, dan untuk lubang tidak tembus gunakan pahat dalam yang berfungsi untuk memperbesar lubang tidak tembus
  • Lakukan proses pembubutan diameter dalam dengan panjang pembubutan kurang-lebih 3-5 mm, dengan tujuan untuk mengecek kedalaman pemakanan apakah sudah sesuai setting pahatnya. Selanjutnya hentikan mesin dan periksa diameternya pada tahap itu. Apabila diameter ukurannya lebih kecil dari yang dikehendaki, kedalaman pahat perlu ditambah. Apabila diameter ukurannya lebih besar dari yang dikehendaki, kedalaman pahat perlu dikurangi. Ulangi proses pembubutan berikutnya dengan kecepatan dan kedalaman sayat yang lebih kecil.
  • Apabila sudah selesai melakukan pembubutan diametrer dalam, sebelum benda kerja dilepas lakukan pengukuran diameternya, dan apabila sudah yakin bahwa kedalaman pengeboran sudah sesuai dengan tuntutan gambar kerja, benda kerja boleh dilepas dari pencekamnya.

12 Pengkartelan pada Mesin Bubut

Mengkartel pada mesin bubut adalah proses pembuatan alur/gigi melingkar pada bagian permukaan benda kerja dengan tujuannya  agar permukannya  tidak licin  pada saat dipegang oleh tangan  (Gambar  6.67). Contohnya  terdapat pada batang penarik , tangkai palu besi dan  pemutar tap dan komponen lain yang memerlukan pemegannya tidak licin. Bentuk/profil hasil hasil pengkartelan  akan mengikuti jenis katertel yang digunakan, ada yang belah ketupat, dan ada yang lurus tergantung gigi kartelnya.

12.1 Menentukan Putaran Mesin dan Diameter Benda Kerja

Untuk menentukan putaran mesin pada saat mengkartel,  gunakan putaran kurang-lebih "1/4” dari putaran normal atau nkartel= 1/4 x nnormal, dengan tujuan agar supaya roll dan porosnya tidak mendapat beban yang berat dan terjadi gesek yang tinggi. Untuk mengurangi terjadinya gesekan antara roll dan poros, berikan pelumasan sebelum katel digunakan. 
Menetukan Diameter Benda Kerja
Untuk mendapatkan diameter kartel sesuai dengan ukuran yang diharapkan, sebelum dikartel diameter benda kerja terlebih dahulu dikurangi sebesar ±1/3÷1/2 kali kisar kartel atau Dkartel  = D  -  (1/3 x Kisarkartel). Hal ini dapat terjadi karena benda kerja akan mengembang pada saat dikartel. Dan jangan lupa pada saat mengkartel selalu gunakan cairan pendingin, dengan tujuan mempermudah pemotongan dan juga agar supaya kartel tidak panas.
Langkah-langkah Mengkartel Pada Mesin Bubut
  • Bubut diameter benda kerja sesuai ketentuan, yaitu: Dkartel  = D-(1/3x Kisarkartel).
  • Pasang kartel dengan kuat dan setinggi senter sebagaimana pemasangan alat potong pada proses pembubutan lainnya.
  • Atur putaran mesin sesuai ketentuan, yaitu nkartel = 1/4 x nnormal.
  • Lakukan pengkartelan dimulai pada ujung benda kerja, dengan cara posisi kartel dimiring kurang lebih 3º-5º.
  • Laksanakan pengkartelan secara otomatis hingga mencapai panjang yang dikehendaki. Jangan  lupa gunakan pendingan pada saat mengkartel.
  • Netralkan gerakan otomatisnya dan ukur diameter hasil pengkartelan. Apabila diameternya belum mencapai ukuran yang dikehendaki, tambah kedalaman pengkartelan dengan cara penambahan pemakanannya pada posisi spindel mesin hidup/berputar. Jangan lupa arah putaran mesinnya tetap sama dan yang perlu dibalik hanya arah gerakkan otomatisnya, yaitu dengan cara mengatur tuas pembalik arah poros pembawa gerakan eretan memanjang. Selanjutnya lakukan kembali pengkartelan secara otomatis hingga selesai. 

13 Penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) pada Proses Pembubutan

Kegiatan produksi pada bengkel manufaktur terutama pada proses pembubutan, penerapan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L) di lingkungan kerja seharusnya sudah menjadi keasadaran diri yang harus dilaksanakan tanpa adanya peringatan dan bahkan paksaan dari siapapun. Karena pada dasarnya penerapan K3L di lingkungan kerja secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada diri sendiri, orang disekitarnya, mesin, peralatan dan lingkungan kerja sehari-hari. Dengan demikian, apabila K3L diterapkan dengan penuh kesadaran akan berdampak positif dan jika tidak akan berdampak negatif terhadap diri sendiri dan lingkungan kerja. 
Terdapat beberapa kegiatan standar yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan terkait penerapan K3L pada saat melakukan proses pembubutan, diantaranya:

13.1 Kegiatan yang Harus Dilakukan

Kegiatan yang harus dilakukan terkait penerapan K3L pada saat proses pembubuatan diantaranya:
Menggunakan Pakaian Kerja 
Untuk  menghindari  baju  dan  celana  harian  terkena  kotoran, oli dan benda-benda lain pada saat  melakukan proses pembubutan,  operator harus menggunakan pakaian kerja yang standar sebagaimana terlihat pada (Gambar 6.68).


Menggunakan Kaca Pengaman  (Safety Glasses)
Untuk    menghindari    mata    terkena atau  kemasukan    tatal/beram pada  saat  proses pembubutan,  maka  selama  melakukan pemotongan  harus menggunakan kaca  mata  yanag  sesuai standar  keselamatan  kerja (Gambar 6.69).
Menggunakan Sepatu Kerja 
Pada saat melakukan proses pembubutan,  tidak  bisa dihindari adanya chip/beram  yang  berserakan  dilantai  akibat  dari hasil pemotongan.  Selain itu  ada  kemungkinan  benda/alat  atau perlengkapan  lain   terjatuh dari  atas  dan  juga   oli  yang berceceran. Maka    dari    itu, pada saat melakukan proses pembubutan    harus    menggunakan    sepatu    kerja    sesuai standar yang   berlaku (Gambar 6.70).


Menggunakan Alat Penarik Beram 
Proses    pembubutan    akan mengsilkan potongan  tatal/beram. Hasil  potongaan yang  melilit  pada  benda  kerja, apabila dianggap perlu untuk menghilangkannya harus menggunakan alat penarik beram agar  tangan  tidak terluka (Gambar 6.71).

13.2 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan

Kegiatan yang tidak boleh dilakukan pada saat proses pembubuatan diantaranya:
Menempatkan Peralatan Kerja Yang Tidak Aman 
Agar semua peralatan aman dan mudah diambil pada saat akan digunakan, perlatan harus diletakkan dan ditempatkan pada  posisi yang aman dan ditata dalam penempatannya. Penempatan peralatan sebagaimana (Gambar  6.72), sangat tidak dibenarkan karena peralatan rawan akan terjadinya kerusakan akibat saling berbenturan atau mudah terjatuh. 
Meninggalkan Kunci Cekam Pada Mulut Pengencang Cekam Mesin Setelah Melepas Benda Kerja
Menempatkan kunci cekam pada mulut pengencang cekam setelah melepas benda kerja (Gambar  6.73), adalah kegiatan yang  sangat membahyakan bagi operator dan orang-orang yang ada disekitarnya, karena apabila mesin dihidupkan sedangkan kunci cekam masih menempel di mulut kunci cekam mesin, kunci cekam akan terlempar dengan arah yang tidak jelas sehingga dapat mengenai siapa  saja yang ada disekitarnya.
Berkerumunan Disekitar Mesin Bubut Tanpa Alat Pelindung
Berkerumunan disekirtar mesin bubut tanpa  alat pelindung adalah salah satu kegitan yang sangat membahayakan, karena rawan terjadi kecelakaan akibat loncatan tatal/  beram atau perlengkapan mesin bubut yang terjatuh (Gambar 6.74).


Membiarkan air Pendingin dan Tatal/Beram Berserakan di Lantai
Dengan membiarkan air pendingan dan tatal berserakan dilantai (Gambar 6.75), akan mengakibatkan  terjadinya kecelakaan. Misalnya lantai jadi licin sehingga orang yang lewat mudah terjatuh dan tatalnya dapat mengakibatkan orang yang lewat terluka kakinya. Selain itu dilarang keras bekas air pendingin dibuang sembarangan, karena campuran air pendingin mengandung bahan kimia yang berbahaya.
Menggunakan Sarung Tangan pada Saat Melakukan Pembubutan
Menggunakan sarung tangan pada saat melakukan pembubutan, juga sangat  tidak dianjurkan. Karena jika menggunakan sarung tangan kepekaan tangan jadi berkurang, sehingga dalam melakukan pengukuran hasil pembubutan kurang sensitif (Gambar  6.76), dan juga tangan jadi kurang peka terhadap kejadian-kejadian lainnya yang dapat mengakibatkan tangan rawan terjadi kecelakaan.
Membuang Tatal/Beram Bersama Jenis Sampah Lainnya
Kegiatan  membuang tatal/beram hasil pembubutan bersama-sama jenis sampah lainnya sangatlah tidak dianjurkan (Gambar  6.77), karena demi kesehatan lingkungan sampah jenis organik dan an-organik seharusnya dibedakan sehingga pengolahan akhirnya lebih mudah. 

4 komentar:

  1. Wah lengkap.
    Tapi kok gambarnya ngga muncul yah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    BalasHapus
  3. Alay tulisannya susah ngeliatnya

    BalasHapus