Minggu, 14 Juni 2015

Penerapan K3L pada Proses Pembubutan

Penerapan K3L pada Proses Pembubutan
Situs: Diklat Interaksi Online
Diklat: Pemesinan - A
Buku: Penerapan K3L pada Proses Pembubutan
Oleh: HARI KRISTIANTO
Tanggal: Minggu, 14 Juni 2015, 15:38

1 Deskripsi

Prosedur penerapan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L) di lingkungan kerja seharusnya sudah menjadi keasadaran diri yang harus dilaksanakan tanpa adanya peringatan dan bahkan paksaan dari siapapun. Karena pada dasarnya penerapan K3L di lingkungan kerja secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada diri sendiri, orang disekitarnya, mesin, peralatan dan lingkungan kerja sehari-hari. Dengan demikian, apabila K3L diterapkan dengan penuh kesadaran akan berdampak positif dan jika tidak akan berdampak negatif terhadap diri sendiri dan lingkungan kerja.

2 Uraian Materi

Terdapat beberapa kegiatan standar yang harus dilakukan dilakukan terkait penerapan K3L pada saat mengoperasikan  mesi bubut standar, diantaranya:

2.1 Menggunakan Pakaian Kerja

Untuk menghindari baju dan celana harian terkena kotoran, oli dan benda-benda lain pada saat melakukan proses pembubutan, operator harus menggunakan pakaian kerja yang standar sebagaimana terlihat pada (Gambar 5.10).


Gambar 5.10. Menggunakan pakaian kerja yang standar
pada saat mengopersikan mesin bubut

2.2 Menggunakan Kaca Pengaman (Safety Glasses)

Untuk  menghindari  mata  terlempar benda-benda keras  pada saat mengoperasikan mesin bubut, harus menggunakan kaca mata yang sesuai standar keselamatan kerja sebagaimana terlihat pada (Gambar 5.11)
Gambar 5.11 Menggunaan kaca mata yang standar
pada saat mengopersikan mesin bubut

2.3 Menggunakan Sepatu Kerja

Pada saat melakukan pengopersian mesin bubut, tidak bisa  dihindari adanya chip/ beram atau kotoran lain yang berserakan dilantai pada lingkungan bengkel. Selain itu ada kemungkinan benda/alat atau perlengkapan lain terjatuh dari atas dan juga oli yang berceceran. Maka  dari  itu, pada saat melakukan pengoperasian mesin bubut  harus  menggunakan  sepatu  kerja  sesuai standar  yang  berlaku sebagimana terlihat pada (Gambar 5.12).

Gambar 5.12. Menggunakan sepatu kerja yang standar
pada saat mengoperasikan mesin bubut

2.4 Mengecek Kondisi Mesin Bubut Sebelum Dioperasikan

Sebelum melakukan pengoperasian mesin bubut, harus melakukan pengecekan kondisi mesin terlebih dahulu baik fisik maupun melalui pembacaan data dari kartu penggunaan mesin. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi fisik mesin dan pembacaan data dari kartu penggunaan mesin, dapat mengetahui kesiapan mesin apakah siap untuk diopersikan atau tidak. Jika mesin siap untuk diopersiakan, lakukan pengoperasian mesin seuai SOP dan jika tidak siap untuk diopersiakan laporkan pada petugas perbaikan dan perawatan mesin.

2.5 Memahami Fungsi Bagian-bagian Mesin Bubut Sebelum Mengoperasikan

Sebelum melakukan pengoperasian mesin bubut, yakinkan bahwa anda telah memahami semua fungsi dari bagian-bagian mesin bubut. Dengan memahami fungsi semua fungsi dari bagian-bagian mesin bubut, dimungkinkan anda sedikit melakukan kesalahan pada saat mengopersikan mesin bubut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar